Perayaan Hari Kemerdekaan Di Berbagai Negara

PENGETAHUAN - Semua negara mempunyai ciri khas sesuai dengan budaya dan kebiasaan masyarakat di negara tersebut. ada satu hal yang tentu sama pada perayaan tersebut yaitu bertujuan mengenang jasa pahlawan yang telah memperjuangkan kemerdekaan suatu negara.

Pada tanggal 17 agustus menjadi peringatan hari kemerdekaan bagi seluruh rakyat Indonesia. Hari kemerdekaan Indonesia dijadikan sebagai hari libur nasional serta momentum untuk mengenang jasa para pahlawan dan menanamkan rasa nasionalisme kepada negara Indonesia. Oleh karena itu, selain ada upacara pada hari kemerdekaan, pada tanggal 17 agustus ini juga disis dengan berbagai acara spesial pada tanggal tersebut seperti pesta rakyat, perlombaan, dan sebagainya. 

Kemeriahan di hari kemerdekaan tersebut tidak hanya dirasakan oleh rakyat Indonesia. Di berbagai negara yang lain juga merayakan hari kemerdekaannya dengan berbagai cara yang sangat menarik. Perayaan hari kemerdekaan yang sangat menarik di berbagai negara di dunia ini dapat ditemukan pada negara – negara di bawah ini.

1. Australia



26 januari merupakan hari kemerdekaan bagi warga negara Australia yang biasa dirayakan pada setiap tahunnya. Beberapa perayaan untuk menyambut hari kemerdekaan juga dilakukan oleh warga Australia. Ada banyak kemiripan saat perayaan pada hari kemerdekaan di Australia dan Indonesia seperti pawai orang dengan memakai berbagai kostum yang menarik dan mencolok. Ada juga pertunjukan atau konser yang diselenggarakan di berbagai titik pusat kota. 

Tidak hanya itu, ada beberapa perayaan lainnya yang dilakukan di Australia, namun tidak banyak yang dijadwalkan di negara-negara lain. Perayaan tersebut yaitu lomba balap kapal atau perahu dan surfing. Perlombaan seperti ini sering dijumpai di sepanjang pantai yang terdapat di Australia. Acara lomba yang sangat unik ini sangat meriah sehingga menarik banyak perhatian orang termasuk turis mancanegara. 

Pada hari kemerdekaan Australia tersebut juga memberikan keuntungan tersendiri bagi pemerintah dan warga karena pendapatan devisa dan penghasilan warga dapat meningkat dibandingkan dari hari biasanya. Selain pawai, konser musik, surfing dan perlombaan balap kapal. Australia juga sangat terkenal dengan pesta kembang apinya yang mewah dan dahsyat pada setiap malam tahub barunya. Hal ini menjadi bagian tradisi perayaan hari kemerdekaan.

2. Prancis



La Fete Nationale adalah istilah dari hari kemerdekaan Prancis yang dirayakan pada setiap tanggal 14 juli. Beberapa orang biasanya menyebut tanggal itu dengan Bastille day. Nama bastille day ini didasari dari peristiwa revolusi prancis dimana kerumunan massa yang menyerbu benteng bastille pada tanggal 14 juli 1789.

Berbagai hal menarik yang dilakukan masyarakat Prancis dalam merayakan hari kemerdekaannya yaitu Pesta kembang api sejak tanggal 13 juli pada pukul 23.00 di waktu Prancis. Pesta kembang api ini diberi nama dengan Feu d’ artifice yang dapat menghiasai berbagai sudut dari pusat – pusat kota bahkan di atas sungai terbesar yang ada di wilayah Prancis yaitu sungai La Seine. Ada juga pertunjukkan musik dan parade militer yang diselenggarakan untuk memeriahkan perayaan hari kemerdekaan tesebut.

3. Amerika Serikat


Image result for perayaan kemerdekaan amerika serikat

Tanggal 4 juli adalah tanggal yang spesial bagi warga Amerika Serikat karena pada tanggal ini pada tahun 1776 telah ada pengesahan deklarasi kemerdekaan oleh kongres kontinental II yang berisi tentang proklamasi 12 negara koloni dari kerajaan britania. 
Peringatan hari kemerdekaan Amerika Serikat biasa dikenal dengan sebutan Fourth of July. Berbagai perayaan yang meriah yang dilakukan masyarakatnya yaitu pesta kembang api, karnaval atau parade, pertunjukkan musik, konser, dan sebagainya. 
Ada beberapa hal lain yang dilakukan oleh warga Amerika Serikat dan menyambut hari kemerdekaan tersebut yaitu dengan piknik ke restoran-restoran yang banyak ditemukan berbagai menu baru yang disajikan khusus hanya saat hari kemerdekaan itu saja.

4. Ukraina


Image result for perayaan kemerdekaan ukraina

Ukraina adalah salah satu negara dalam wilayah eropa timur. Pada setiap tanggal 24 agustus negara ini memperingati hari kemerdekaan. Para warga ukraina merayakan kemerdekaan dengan cara yang berbeda sejak tanggal 23 agustus.

Perayaan yang diadakan pada tanggal 23 agustus ini disebut dengan hari bendera nasional atau flag day. Selama dua hari tersebut masyarakat ukraina merayakan hari kemerdekaan di negaranya. Salah satu yang menarik dari perayaannya yaitu mereka berbondong – bondong dengan memakai baju tradisional khas ukraina yang biasa disebut dengan Vyshyvanka, kemudian seluruh masyarakat yang berpakaian tradisional tumpah ruah berkumpul di pusat budaya Ukraina. Perayaan tersebut sangat meriah karena seluruh masyarakat biasanya kompak dan andil dan memeriahkan hari kemerdekaan di Ukraina.

5. India


Image result for perayaan kemerdekaan india

Tanggal 15 agustus adalah hari kemerdekaan India. Memang sedikit berbeda dengan negara Indonesia tanggalnya. India berada di wilayah Pakistan memiliki ciri khas yang unik tersendiri saat merayakan hari kemerdekaannya.

Perayaan hari kemerdekaan India tidak jauh berbeda dengan Indonesia. ada uoacara pengibaran bendera kemudian menyanyikan lagu kebangsaan. Ada banyak hiasan dan atribut perayaan hari kemerdekaan di india pada sudut rumah para warga, sekolah, perkantoran akan berbondong-bondong pergi ke tempat terbuka untuk menerbangkan layang – layang secara massal.

Acara ini bukanlah festival atau perlombaan melainkan cara masyarakat untuk menyimbolkan kebebasan mereka dan mewakili rasa semangat dan kebanggan mereka kepada para pahlawaan dalam meraih kemerdekaan. Dapat dipastikan pada setiap tanggal 15 agustus langit india dipenuhi dengan ribuan layang – layang yang menghiasi udara. 

Tag : Pengetahuan
0 Komentar untuk "Perayaan Hari Kemerdekaan Di Berbagai Negara"

Back To Top