Manfaat Susu Kedelai Bagi Kesehatan Tubuh

KESEHATAN - Susu kedelai adalah sebuah jenis minuman sehat yang mengandung banyak sekali protein yang tinggi. Terdapat dua jenis susu yang sering dikonsumsi oleh seseorang yaitu susu protein nabati dan susu protein hewani. Susu protein nabati berasal dari sari kacang seperti susu kedelai, sedangkan untuk susu protein hewani berasal dari susu sapi dan susu kambing. Meskipun diantara kedua jenis susu tersebut berbeda, namun di dalam kedua jenis susu tersebut memiliki manfaat dan nutrisi yang tidak terlalu berbeda serta memiliki kelebihan tertentu.

Salah satu jenis susu protein nabati yang sering dikonsumsi oleh seseorang adalah susu kedelai. Susu kedelai ini cukup mudah didapatkan dan harganya lebih murah jika dibandingkan dengan susu almond dan susu sapi. Selain harganya murah, di dalam susu kedelai mengandung banyak nutrisi yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Dalam susu kedelai memiliki berbagai kandungan nutrisi seperti protein, mineral, asam folat, asam amino, antioksidan, lemak nabati, riboflavin, vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B12, vitamin D, vitamin E, dan lain – lain.

Dengan berbagai kandungan nutrisi di dalamnya, hal ini membuat susu kedelai memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Seseorang juga perlu mengetahui berbagai manfaat dari susu kedelai agar dapat merasakan manfaatnya saat meminum susu kedelai.

Susu Kedelai

  • Menjaga kesehatan kulit
        Susu kedelai mengandung vitamin E dan antioksidan. Kedua kandungan dalam susu kedelai tersebut berfungsi untuk menjaga kesehatan kulit tubuh. kandungan antioksidan berperan untuk melawan efek radikal bebas yang dapat menimbulkan penyakit kanker kulit, sedangkan kandungan vitamin E berfungsi menghaluskan kulit, melembabkan kulit, mengencangkan kulit, dan mencerahkan kulit sehingga kulit akan terasa lebih muda.
  • Menjaga kesehatan tulang
    Susu kedelai juga memiliki kandungan kalsium dan vitamin D yang berfungsi untuk menutrisi tulang, menjaga struktur tulang, menjaga kepadatan tulang, dan menguatkan tulang. Oleh karena itu, susu kedelai juga berfungsi untuk menjaga kesehatan tulang serta dapat mencegah osteoporosis.
  • Menurunkan berat badan
    Susu kedelai memiliki memiliki kadar gula dalam jumlah cukup sedikit yaitu sekitar 7 gram. Hal ini karena terdapat kandungan asam lemak tak jenuh di dalamnya yang dapat menghambat dari proses penyerapan lemak dalam usus sehingga dapat menyebabkan rasa kenyang yang lebih lama.
  • Menjaga kesehatan jantung
    Susu kedelai memiliki kandungan minyak jenuh yang sedikit sehingga tidak akan dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat dalam darah sehingga susu kedelai baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan jantung dan tidak menyebabkan obesitas.
  • Menjaga kesehatan hati
    Susu kedelai mengandung banyak nutrisi yang baik dan aman untuk organ hati karena hati tidak akan bekerja keras untuk menetralkan susu kedelai. Hal ini karena dalam susu kedelai tidak ada kandungan zat yang dapat merugikan organ hati.
  • Mencegah penyakit kanker
    Susu kedelai banyak mengandung phytoestrogen. Phytoestrogen adalah sebuah hormon tanaman yang dapat menghambat produksi hormon testosteron pada tubuh seorang pria. Kadar hormon testosterone yang berkurang dapat berguna untuk mencegah timbulnya kanker prostat. Selain itu, susu kedelai juga mengandung vitamin E dan selenium yang berfungsi sebagai antioksidan yang mampu mencegah penyakit kanker.
  • Mencegah diabetes mellitus
    Penyakit diabetes biasanya terjadi karena tubuh kekurangan hormon insulin sehingga menyebabkan terjadinya kelainan pada metabolisme air, lemak, karbohidrat, elektrolit, dan protein. Kandungan asam amino yaitu glisin dan ariginin dalam susu kedelai dapat menjaga keseimbangan hormon insulin di dalam tubuh seseorang dan dapat mencegah timbulnya penyakit diabetes mellitus.
  • Mencegah migrain
    Migrain adalah sebuah sakit kepala sebelah yang berulang kali dan dapat timbul dengan sendirinya tanpa diketahui faktor penyebabnya serta bersifat kambuhan. Penyakit ini lebih sering diderita oleh para wanita. Penyebab utamanya adalah adanya siklus hormonal pada seorang wanita. Karena dapat timbul dengan sendirinya, migrain sangat berkaitan dengan adanya perubahan secara biokimiawi. Dengan mengkonsumsi kedelai secara teratur dapat meredakan dan mencegah migrain, terutama migrain yang disebabkan deffisiensi zat gizi. Hal ini karena susu kedelai merupakan salah satu minuman sumber vitamin B-Complek (Kecuali B12), mineral, dan asam amino dalam jumlah yang cukup tinggi.
  • Mencegah penuaan dini (Anti aging) 
    Menjadi tua bagi setiap orang adalah hal yang wajar. Namun beberapa orang ada yang tua terlebih dahulu (penuaan dini). Salah satu cara yang ampuh untuk mencegah penuaan dini yaitu dengan memanfaatkan anti oksidan dari makanan dan minuman. Mengkonsumsi makanan dan minuman sumber antioksidan adalah sebuah pilihan yang tepat dan bijak dalam mengatasi penuaan dini. Antioksidan pada umumnya berasal dari beberapa vitamin dan mineral, diantaranya yaitu vitamin B, C, E, Beta karoten, selenium, chromium, kalsium, magnesium, tembaga dan isoflavon. Susu kedelai dapat mencegah penuaan dini dan membuat seseorang menjadi tetap awet muda karena mengkonsumsinya karena susu kedelai mengandung berbagai zat senyawa anti aging (penghambat penuaan dini)

Demikian adalah berbagai manfaat yang sangat menarik dari susu kedelai untuk kesehatan tubuh. Untuk menjaga kesehatan tubuh, anda dapat memulainya dengan mengkonsumsi susu kedelai ini yang dapat menyehatkan tubuh. semoga bermanfaat.
Tag : Kesehatan
0 Komentar untuk "Manfaat Susu Kedelai Bagi Kesehatan Tubuh"

Back To Top